Selasa, 06 Maret 2012

Berapa biaya ke eropa? disini ada jawabannya. Mulai dari hotel, transportasi hingga makanan. Check this out yaw..!

Kalo bicara jalan-jalan ke eropa, yang sering menjadi pembicaraan penting selain objek-objek wisatanya adalah berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa liburan ke sana.

Pertanyaannya macem-macem. Ada yang nanya berapa biaya hidup per hari disana, barang-barangnya mahal ato enggak, berapa harga tiket pesawatnya, sampe berapa uang yang mesti kita punya di rekening untuk bisa lolos dapet visa.

Oleh karena itu saya akan berusaha membantu teman-teman yang sedang mencari informasi mengenai anggaran biaya untuk perjalanan semi backpacker ke eropa dengan menuliskan anggaran yang sudah saya buat dan jalani. Silakan di liat-liat... (^_^)v

1. Pesawat Emirates PP Jakarta-Amsterdam : 9-10jutaan

2. Hotel : 463€ . Biaya ini adalah biaya hotel untuk 7 malam, karena ada 2 malam yang saya habiskan di kereta antar kota. Kalau anda adalah solo traveller memang akan lebih murah jika menginap di hostel. Namun kalau anda akan pergi berlibur dengan teman atau keluarga maka sebaiknya anda memilih hotel atau apartment, karena kalau dihitung2 maka akan sama mahalnya dengan tinggal di hostel.

Quentin England Hotel, Roomervicestraat, Amsterdam-Netherland
Mercure Apartment Nanterre, La defence, Paris-France
Floris Ustel Hotel, nearby Brussel Midi station, Brussel-Belgia
Campanile Hotel, aeroport, Luxembourge


3. Trasportasi : 273€. Biaya ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk pergi dari satu negara ke negara lainnya di wilayah Uni Eropa. Dimulai dari Amsterdam-Belgia-Luxembourg-Perancis (Paris-Lourdes-Paris)- dan kembali lagi ke Amsterdam. Transportasi yang saya gunakan saat itu adalah kereta antar negara dan bis (Paris-Amsterdam). Biaya tersebut belum termasuk tiket tram, bis dan metro untuk bepergian antar kota di suatu negara. Harga tiket kendaraan dalam kota berkisar 2,6€ - 10€.
Bagi teman-teman yang ingin backpackeran sebaiknya sudah membeli tiket-tiket kereta atau bis yang antar negara sebelum tiba disana. Hal itu akan sangat memudahkan karena kita tidak perlu direpotkan dengan mengantri panjang-panjang, tiket bisa kita beli dari rumah lewat internet. 
Berikut ini link-link yang bisa digunakan untuk membeli tiket kereta dan bis antar negara : 
1. http://www.b-europe.com/Travel (untuk antar negara schengen dan eropa lainnya).
2. http://www.stib.be/index.htm?l=en (untuk negara Belgia dan sekitarnya).
3. http://www.gvb.nl/pages/home.aspx (untuk negara Belanda).

Sedangkan untuk detail harganya sbb :
1. Dari Belanda ke Belgia 19€, menggunakan kereta antar negara.
2. Dari Belgia ke Luxembourg 36,2€, menggunakan kereta antar negara.
3. Dari Luxembourg ke Paris 67€, menggunakan TGV (kereta cepat).
4. Dari Paris ke Lourdes 55€, menggunakan Lunea (kereta malam).
5 Dari Lourdes ke Paris 64€, menggunakan Lunea.
6. Dari Paris ke Amsterdam 31€, menggunakan Bis Euroline.

Amsterdam Centraal Station


Bus station @Amsterdam Centraal Station

4. Konsumsi : 290€ untuk 10hari. Dengan perincian per hari yaitu untuk sarapan 5€. Harga tersebut adalah tarif yang biasanya di kenakan untuk sarapan di hotel-hotel, namun ada juga hotel yang memasang tarif 7€. Makan siang 7€. Biasanya makanan2 seperti McD atau Quick (burger n cola). Dan makan malam 17€. Dengan harga tersebut saya bisa mendapatkan makanan pembuka, nasi berikut makanan utama dan  teh hijau/ ocha.

Ini dia Onion Soup khas Perancis!

Steak yang uda dibilang Well done tp ttp aja berdarah saking tebelnya.

Must try it! cafe's location nearby Notre Dame, Paris-France

Hakau yang cantik, manis dan enaaaak

Masakan China yang ajib ditemuin di Luxembourge
Cha cha Ocha...!

steak @ Itali resto Casa Italia-Lourdes

Salad yang warna dan rasanya sama-sama enak. Enak dilihat dan enak dimakan

Mammamia Pizzanyo!

Sate dengan taburan kacang yang gurih

Legium Chinois = Cap cay

dessert @chinese resto- Nanterre

New Year eve with Monacco, Paris-France

Must try it to! Lebih murah n lebih enak dari merk manapun. Grand Palais, Brussel-Belgia


5. Objek Wisata : 
-Foto di Volendam dengan baju khas belanda 18€ 
The one n only real windmil that i've seen in Netherland
Fish Village, Volendam, Netherland
Wow gede banget!
-Menara Eiffel 13
Winter @ Eiffel, Paris-France
La Tour Eiffel, Paris-France

-Sungai Sein, Champs Elysees, Arc de Triomph, Notre Dame
@Sungai Sein, Paris-France
Ooo Champs Elysees...papap pararaaapp
Arch de triomph, Paris-France
The Beautiful one, Notre Dame, Paris-France
-Museum Louvre 10
-Disneyland 40€ (harga ini saat weekend)
Disneyland Paris, Fantastis Bombastis Spektakuler *Tukul mode on
Disneyland Paris, im commiiiing...
Disneyland come true
- Amsterdam Canal Cruisses 13
Canal Cruisses, nearby Vivaldi Hotel & Heineken Huis
Susuri sungai yang membelah kota Amsterdam dengan Canal Cruisses


6. Pembuatan Visa Schengen : 710ribu dengan kurs Euro kurang lebih 12ribu. Untuk pertanyaan "berapa jumlah uang yang harus mengendap di rekening selama 3bulan untuk menjamin kita pasti mendapatkan visa" jawabannya yah gak da yang tau. Karena ada juga orang yang punya duit banyak, namun nyatanya ditolak pas wawancara di kedutaan. Setelah dicari tau ternyata orang yang ditolak itu pas diwawancara sama pihak kedutaan, cuma mau numpang lewat di negara tersebut, yah jelas aja ditolak. Jadi kan uang banyak gak jaminan juga. Tapi memang kita harus mempunyai cukup uang untuk bisa pergi dan liburan di eropa sana. Beberapa orang teman saya bisa lolos mendapatkan visa dengan saldo terakhir 30-40 juta. Meskipun begitu biaya yang saya itung2 untuk plesir ke eropa sana yah gak sampe 30an jt, yah 27an jt lah. 

Nah itu semua kurang lebih anggaran yang saya keluarkan untuk bisa pergi liburan ke eropa. Untuk yang pengen belanja-belanja tentunya perlu menyisihkan lagi lebih banyak uang dari yang sudah saya sebutkan, karena saya hanya belanja souvenir dan beberapa coklat saja, jadi saya tidak mengeluarkan terlalu banyak uang saat berlibur kemarin. Sekian dulu info-info dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman.
*Perjalanan dilakukan Desember 2011.
*Lama perjalanan adalah 10hari.
*Kurs saat melakukan perjalanan adalah Rp.12.050,-

32 komentar:

  1. Terima kasih mba atas berbagi informasi biayanya..sangat membantu untuk kalkulasi perjalanan saya.
    Saya hanya punya waktu 2,5 malam melakukan perjalanan dari Jerman-Luxembourg-Paris-Jerman.
    Lg berfikir..bisa ga ya? Kynya seh mungkin saja, cuma tidak bs menikmati terlalu banyak pemandangan disana.
    Mohon tips nya ya mba jika ada :)
    Salam,
    Nita

    BalasHapus
  2. Hi Mba Nita. 2,5 malam agak sulit memang untuk bisa menikmati negara2 tersebut dg puas, tapi saya rasa untuk Jerman dan Luxembourg bisa di jadikan satu hari. Karena kedua negara tsb saling berbatasan dan lebih dekat. Lebih baik lagi kalau Mba Nita memang ada kendaraan, entah sewa atau ada teman disana yang bisa mengantar. Luxembourg negaranya kecil, jadi bisa dijelajahi dg lebih singkat. sebaiknya berangkat dari pagi2 sekali kalau ingin mengejar ke Jerman juga. Kalau Mba Nita pergi di bulan2 ini akan sangat menguntungkan karena daylightnya panjang, jadi sampai malam pun tetap terang. Saya waktu itu pergi winter, jadi baru menjelang sore dikit udah gelap bgt, mana mendung n hujan terus, jadi saya gak jadi pergi ke Trier(Jerman). Dari Luxembourg ke Jerman atau dari Jerman ke luxembourg bisa diperlakukan sama, intinya jalan sepagi mungkin dan kalau ada mobil atau motor yg bisa dipakai akan menghemat waktu. Trus hari kedua bisa Mba gunakan ke Paris. Waktu seharian saya pikir cukup ke Eiffel, Notre Dame, Louvre, Champ Elysees. Tetapi mba gak bisa naik ke Eiffel towernya, karena untuk naik ke atas antriannya akan sangat panjang. Bisa seharian baru dapet giliran. dan itu akan menyita banyak waktu mba. Kalo mba mau ke disneyland perlakuannya juga sama kayak kalo mau naek menara Eiffel. Trus di ke esokan harinya bisa mba pake buat pulang ke Jerman, karena pasti akan makan waktu yang panjang.
    Kira2 seperti itu Mba Nita saran dari saya. Mudah2an berguna n Bon Voyage! ;)

    BalasHapus
  3. hai mbak indah, thanks untuk info di blog nya. Aku mau nanya donk. Aku ada rencana Paris ke Amsterdam akhir Oktober 2012 ini, sudah masuk winter ya disana? ada rekomendasi hotel untuk stay di Amsterdam? terus what must see place yang bisa dikunjungi? rencana stay di amsterdam 3 hari.

    Thanks
    FINA

    BalasHapus
  4. hai mba Fina. iya itu peralihan dari fall ke winter sih, udah dingin juga. Kalo Amsterdam aku ke Quentin England hotel, di roomerviscestraat (kalo gak salah nulisnya gitu hehehe). Yang mba bisa kunjungi itu damrak, leidsplein, dan mba bisa ke volendam n ke pulau marken. di amsterdam juga ada museum madam tussaud, rembrant huis dan museum2 laennya. banyak kok yang bagus2. naek canal cruis jg bagus. Selamat berlibur ;)

    BalasHapus
  5. salam kenal mba indah, mba.., apakah kita perlu membawa uang cash dlam bentuk euro or kartu kredit aja, apakah CC BNI bisa dipakai di eropa, thank's yach.

    Thank's
    Agus

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi salam kenal juga mas Agus. kalo menurut saya perlu. karena untuk bayar naek bis ato kreta ato jajan makanan kecil kan butuh uang cash. yah intinya bawa buat jaga2 aja. gunain cc kalo ud kepepet aj ato harga barangnya cukup mahal, krn skali gesek cc kan bakal kena charge yang cukup lumayan mas.

      Hapus
  6. dear mbak indah, thanks buat infonya. sgt membantu sekali utk rincian biayanya :) oh ya, mbak kesana backpacker'an atau?? apakah budget segitu masih bisa diteken lg? soalnya bbrp referensi yg saya baca ada yg total 27jutaan bisa lebih dr 14hari. mohon pnjelasannya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba. Salam kenal dan terima kasih sudah mengunjungi blog saya.
      Saya perginya sebenernya yah setengah2, setengah backpackeran, setengah lagi gak backpackeran. Kenapa begitu? Karena ada beberapa hal yang biasanya khas para backpacker buat tetapi gak saya buat. Seperti:
      1. Pergi gak pake backpack hehehe.
      2. Milih penginapannya bukan hostel, guesthouse, atau yang sekategori dengan itu (saya milih tinggal di hotel, sedangkan para backpacker biasanya milih tinggal di hostel).
      3. Gak ada penekanan biaya untuk membeli makanan.
      4. Memilih pergi ke tempat taman hiburan daripada make uang yang ada untuk menjelajah lebih jauh ke kota atau negara lain. (gak kayak backpacker banget yang lebih milih ngeluarin uang untuk njejakin kaki ke sebuah tempat yang lebih jauh dan belom pernah didatangin, dari pada ke sebuah taman hiburan yang cukup mahal harga tiketnya. yah tapi abis gimana donk orang kepengen. hehe)

      Tetapi ada juga lho beberapa hal yang juga saya buat seperti para backpacker itu. Seperti:
      1. Saya jelas tidak menggunakan jasa agen perjalanan untuk mengatur perjalanan saya ke eropa. Saya mengatur sendiri segala pengurusan tiket, dokumen, rencana perjalanan sampai pelaksanaan, tentunya juga dibantu dengan saran dari orang-orang yang juga sudah mempunyai pengalaman backpackeran.
      2. Pergi dari satu negara ke negara laen pake kreta, yang gitu keluar dari gare nya itu kudu geret2 koper ndiri yang beratnya bujug buneng. Nyari-nyari hotel sampe nyasar. Kudu tanya2 ama orang. Bolak balik lagi naek tram..
      2. Kalo pas nyampe disatu negara, untuk keliling2 kotanya saya gunain metro, bis, tram, ato malah bahkan jalan kaki! gak ada tuh naek taxi! (makanya sediain counterpain. disana analgesik balm paling murah 7euro! xP)
      3. Saya juga jelas bukan melakukan wisata belanja yang mampu bli di area Champ Elysees. Cukup touch down di spot2 ersejarah dan terkenal udah bangganya bukan maen hahaha..

      Intinya adalah sifat dan sikap seorang backpacker itu harus mau susah, mau usaha, dan mau nyoba (disertai dengan banyak doa..hahaha). Gak boleh manja, apa2 maunya diladenin, dibawain, gak mau jalan kaki jauh dikit. Walah.. itu mah uda gak bisa banget nyobain traveling gaya backpacker. Buat saya dan menurut pengalaman saya, ngeluh capek boleh, pegel boleh, bahkan nangis juga boleh. Tapi kebulatan tekad untuk menyelesaikan perjalanan sesuai niat dan rencana itulah yang mesti tetap dipegang. Lumayan bangga lho kalo bisa jalanin wisata dengan cara backpackeran, karena kita sebenarnya bukan naklukin daerah baru, orang baru, atau bahkan makanan baru..tapi sebenernya kita mau naklukin diri kita sendiri dengan tantangan2 baru tersebut.

      Kalo budget mah bisa2 aja mba. kalo mba makannya gak kalap, dan bahkan bisa makan sehari cuma dua kali kan itu ud neken biaya banget. mba juga gak usah ke disneyland dan juga gak perlu ke Lourdes, misalnya. Jadi mba sesuaikan aja tujuan yang mba mau datengin dengan uang yang mba punya. Yang saya kasih diatas itu kan udah dirinci. Jadi kalo mba ngerasa ada yang gak pas sama keadaan keuangan mba bisa di apus dari daftar anggaran. biaya dasarnya tinggal dikali berapa hari mba ada disana, berapa kali makan, naik apa, dll
      Yang bisa 14hari yah mungkin itu mba, dia pergi dimusim yang berbeda, ke objek wisata yang berbeda, anggaran makannya juga beda, tempat nginepnya pun juga beda.
      Jadi ya tinggal mba sesuaikan aj. ok ;)

      salam

      Indah

      Hapus
    2. ahhaa thanks loh mbak udah dijelasin panjang lebar. yapp yapp, jd ksimpulannya sih klo bener2 niat nge-gembel pasti biayanya bisa diteken. tapi yaa harus nerima resiko lbh "menderita". oke sipp :D

      sekali lg mksh bnyak mbak indah. :)
      -Tika

      Hapus
  7. halo mbak, blognya sangat informatif sekali, salam kenal ya.
    saya student dari indo dan berada di jerman untuk alasan studi dan magang sampai agustus 2013
    dan terpikir untuk euro trip. Dimulai dari amsterdam dulu yang paling deket hehe

    ditunggu postingan review jalan2nya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rumsterr..
      Senang sekali dapet pengunjung dari Jerman hehe.
      itu ada beberapa perjalanan waktu saya ke eropa yang udah saya buat. Mudah2an bisa bantu nambahin info yah
      Salam untuk Uni Eropa :D

      Hapus
  8. Halo mb sy dela rencanax sy mo ke paris bln depan dan ini adlh pertama klx
    Sy pergi ke luar negri..sy mohon bantunx skli sbenarx bro biaya untuk mengurus visa ke eropa
    Kbetulan sy di undang teman kesana...krna info yg sya dpt berbeda2 ad yg bilng 8 jt untuk biaya visa apa itu benar mb...tlng infox dmna sbaikx sy mengurus visa dan buth brp lama kita mndaptkan visa trimksh mb...mohon bantuanx
    Dela ksltim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Dela.
      Saya saat mengurus visa tidak mengeluarkan uang sebanyak itu. Untuk biaya pengurusan visa, saya bayar 700ribuan, mengikutin kurs pada hari itu. Lalu untuk berapa lama visanya keluar, saya dapat 8hari kerja. Dengan catatan saya apply lewat kedutaan besar Belanda.
      Semoga berhasil y mba Dela

      Hapus
  9. Mbak Indah, salam kenal...
    Saya rencana November 2013 nanti akan ke Eropa (dapet tiket konsesi dari Garuda) hehehehe, Dimana masuk pertama adalah Belanda. Mohon tips dari mbak Indah, rute mana saja dan berapa lama di negara yg akan dikunjungi..mengingat trip saya ini hanya 14 hari, supaya semua bisa dikunjungi. Terimakasih mbak, ditunggu infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantab bgt tuh mba dapat tiket. Kalo mba mau bisa ikutin rute saya Amsterdam-Volendam-Brussel-Luxembourg-Paris. Kalo bisa malah bisa tambah ke kota-kota di negara-negara tetangganya lagi kayak jerman n swiss.
      Happy Vacation :)

      Hapus
  10. kira2 kalo modal 40 juta bisa ga ya mba?
    hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut yang saya jalanin sih cukup aj mas

      Hapus
  11. Mbak, kalo dari Paris ke Lourdes brp lama & naik apa?
    Kalau saya punya waktu free di Paris hanya 2 hari (jumat-minggu), enaknya kemana ya? Swiss/Amsterdam/Berlin?
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, maaf baru bales, seinget saya 8jam, sya naek LUNEA, kereta malam. kalo saya lebih seneng ke amsterdam atau swiss, sesuain sama selera aj ;)

      Hapus
  12. tabunganku kira" cukup gk ya??
    cek dulu ah,,,
    view disana bagus" ya mbak..
    jd pengen ksana..

    BalasHapus
  13. makasih mbak atas blognya.. very helpfull

    BalasHapus
  14. pertanyaan saya.. tiket pesawatnya naek apaan yang "murah"..? selain emirates apalagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. ada jg malaysia airlines dan garuda indonesia jg kadang kasih promo, tp ya kalo tiket promo ga bisa refund kalo smp visa ga jadi (setau aku)

      Hapus
  15. Mba..cr booking kereta lunea gmna y?sy dr swiss nyampe di stasiun gare du lyon dan brgkt ke brussel dr stasiun paris nord,gmna cr dr gare du lyon ke paris nord y?
    Trus kereta antar negara itu kereta tgv ato thalys gitu y?maaf byk nanya y,thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, sorry for too long respon your questions. Bisa cari dari google untuk lunea. dari gare du lyon ke gare du nord pasti bisa nyambung metro. untuk jalur pastinya sebaiknya ambil peta di sana. saya juga gak apal pastinya. Kereta antar negara bisa menggunakan thalys itu yang bagus dan agak mahal, yang laen juga ada gak mesti thalys cuma emang gak secepat thalys

      Hapus
  16. halo mba, saya ada rencana mau trip ke paris dan amsterdam tahun beberapa bulan lagi, saya mau tanya klo untuk tiket bus dari paris ke amsterdam, lebih baik beli online apa beli di terminal bus disana ya? berapa kira2 biaya dan waktu perjalanan naik bus euroline dari paris ke amsterdam? thanks,

    -ABS

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik beli online. harganya sekitar 30an euro. lama perjalanan saya agak lupa, kira2 6 atau 8jam. :)

      Hapus
  17. Mbak saya plan ke eropa...dari Amsterdam rencana ke bruxelles terus ke Paris, kira kira mending naik bus atau naik kereta ya ke Paris nya ?
    Waktu 10 hari cukup ga mbak untuk cover Amsterdam, Bruxelles, Paris, Geneve, Muenchen? maunya sih juga ke Milan hiks hiks..
    Rgrds
    Harry

    BalasHapus
  18. Hi Mba Indah,

    thanks for the info. aku planning ke Eropa melalui Jerman. Sebenernya memang tujuan utamanya Jerman karena aku pernah belajar bahasanya dan cita-cita banget kesana, tapi sayang kalau ke Eropa ga ke negara lain.,

    Aku beruntungnya dapet travel voucher dari company aku untuk flight ticket & hotel senilai SGD 1500. Nah, berarti aku udah aman untuk urusan tiket dan mungkin hotel aku harus nambah karena mungkin ga akan cukup dicover pakai travel voucher itu.

    aku mau minta saran kira-kira rute mana aja yang bisa aku datengin dalam waktu 10 hari? dan kira-kira berapa dana yang harus aku siapin di luar tiket dan hotel?
    kalau boleh aku juga minta saran travel itinerary keliling eropa 10 hari bagaimana, akomodasinya, penginapannya dan tourism activity nya..

    terimakasih banyak..

    Bgrds,
    Tari

    BalasHapus
  19. mbak aku bisa minta contactnya gak? mau nanya2 lebih lanjut nih, email ke aku yah bunga.ayu04@yahoo.com pehliiiiis :)

    BalasHapus
  20. Nice info and nice trip.
    Bravo....

    BalasHapus
  21. Mb mau tanya untuk pembuatan visanya lebih mudah embassy negara mana ya? Belanda? Jerman? Prancis atau mana?

    BalasHapus