Senin, 26 Maret 2012

Jalan-jalan semibackpacker ke Eropa - Luxembourg

Hawa dingin dan tetesan hujan menyambut kedatangan saya di Luxembourg. Yup, ini dia negara ketiga yang menjadi tujuan perjalanan saya. Gambaran saya mengenai Luxembourg adalah sebuah negara yang kaya, tingkat kemampuan ekonominya tinggi, sehingga biaya hidup di negara ini cukup mahal bahkan diantara negara Eropa lainnya. Berbagai mobil mewah hilir mudik di jalan raya dan bank-bank swasta menjadi pilihan bagi banyak orang kaya di dunia untuk menyimpan uangnya dengan "aman".
Meskipun sedikit yang saya ketahui tentang Luxembourg, saya tetap memutuskan berkunjung ke negara ini karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Belgia.
Kali ini saya menginap di Campanile Hotel. Saya menunggu bis di jalurnya, depan stasiun. Menurut keterangan di internet sih daerahnya dekat dengan pusat kota, tetapi begitu saya naik bis dan sudah melewati beberapa pemberhentian dan tidak kunjung sampai, saya bisa katakan ini tidak dekat dengan pusat kota. Tunggu punya tunggu akhirnya saya sampai juga di tempat tujuan saya.
Tidak kalah parnonya dengan di Belgia, begitu turun dari bis, saya tengok kiri tengok kanan, tidak ada rumah penduduk. Oh My God yang kedua. Udah mikir massacre dah nih..massacre.. Sejauh mata saya memandang yang keliatan hanya pohon-pohon tinggi besar yang berkumpul membentuk hutan gelap. Sambil geret-geret koper saya melihat plang hotel sudah kelap-kelip memandu saya, Puji Tuhan! Lebih lega lagi ketika saya melihat ada sebuah restoran Chinesse berdiri tepat di samping hotel,  saya pikir gak massacre lah kalo ada restoran segala..aku harap. hiiii serem amat.
Sampai di dalam hotel saya tidak terlalu kecewa, setelah jarak yang katanya dekat dan daerah yang tampaknya creepy, akhirnya ada juga yang menghibur sedikit. Suasana hotelnya gak menyeramkan seperti di luar, petugasnya pun ramah, membuat hati saya jadi lebih tenang. Akhirnya saya berhasil check in. Saya taruh barang-barang dan kemudian segera menyerbu resto chinesse yang ada di samping untuk membalas rasa takut saya (apa hubungannya yah..hehehe). Setelah kenyangpun saya balik ke hotel untuk istirahat..nice dream..rrRrr..

Gud monning..! Pagi ini gak kalah dingin ternyata dari kemarin malem. Kabut tipis yang menyelimuti hutan tidak menjadi penghalang niat saya untuk melihat-lihat daerah sekitar. Bagi saya, hutan atau taman adalah tempat yang misterius yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dijelajahi (pagi-pagi aja brani ngomong begini..hihihi).
Seperti terlihat pada gambar di atas, pohon-pohon tinggi besar seperti ini yang berjejer rapi di sepanjang jalan, yang saya lihat kemarin malam ketika turun dari bis. Bisa dibayangkan dong gimana kalo gambar langitnya itu gelap gulita, hanya lampu penerang jalan yang berbaik hati menemani langkah saya menuju hotel. Jadi jiper kriper lah saya :P .
Tapi tampaknya tidak sesangar itu jika dipagi hari. Pepohonan itu malah terlihat begitu indah dan romantis di tengah daun-daun yang gugur. Ada kesan suram dan sepi, tapi tetap kuat berdiri bahkan sampai tumbuh tunas lagi. huhuhu malah jadi sendu. ok deh cabs ke titik lainnya aja, lama-lama liatin po'on malah jadi melow

Hap..hap..hap dua tiga langkah..halte bis semalam terlampaui..hehe. Kalau dalam keadaan terang, memang segala sesuatu bisa terlihat lebih jelas yah. Ternyata jantungnya daerah ini berada tepat di belakang saya, airport internasional Luxembourg berikut perkantorannya. Padahal semalem saya udah berprasangka buruk (lagi, setelah kejadian di Belgia) dengan daerah ini. Saya pikir kayak film texas massacre lah, The hostel lah, gak taunya daerah penting..hihihi. Yah efek kebanyakan nonton film hollywood.
Setelah puas menjelajahi daerah ini, saatnya saya mandi dan be'beres barang di kamar untuk terus check out.

Selesai check out..! Sekarang saya akan melanjutkan perjalanan ke sebuah tempat bernama Grund yang merupakan kota tuanya daerah ini dan juga Grand Palacenya Luxembourg.

Dari Campanile Hotel saya naik bis seperti kemarin malam yang membawa saya lagi ke stasiun kota. Sesampainya di stasiun saya menitipkan koper dulu di tempat penitipan. Bayarnya kurang lebih 6euro untuk seharian.
Menyusuri kota dengan berjalan kaki sangat mungkin di daerah ini. Karena luas negaranya yang tidak terlalu besar, objek wisata utama yang ada juga tidak terlalu jauh letaknya dari pusat kota. Dan petualangan di Luxembourg pun dimulai...

Hmm..meskipun ini Luxembourg, tapi begitu saya liat ada bendera Inggris, tetep aja saya harus mejeng dengan objek yang satu ini. Dugaan saya sih itu kantor duta besar Inggris (sotoy.com).
Sayangnya keadaan saya mulai drop disini. Beberapa hari hidup dan menghirup udara di daerah asing yang suhunya sangat rendah, ditambah jalan-jalan yang sering bikin kaki pengen njerit, membuat kesehatan saya mulai gak baik. Namun hal itu tidak menghalangi keinginan saya untuk tetap berpetualang ke Grund. Jadi yah lanjutkan mari..

Hore..ketemu juga Grundnya. Sekadar info kalo Grund itu yah kurang lebih kayak kata Ground yang artinya tanah dan letaknya dibawah. Jadi seperti yang terlihat di gambar, daerah Grund itu ada di bawah dan sangat dalam cekungannya bila diukur dari jembatan saya berdiri. herannya kok gak banjir ya pas ujan? (ahh sudahlah..)
Dari atas jembatan sebenarnya saya sudah bisa menikmati pemandangan yang sangaaat bagus. Tapi gak afdol rasanya kalo saya gak turun dan menyusuri langsung tempat itu. Jadi saya memutuskan untuk turun..

Ini dia pemandangan Grund lebih dekat. Sangat indah bukan?! Bangunan-bangunan yang berbentuk seperti kastil, benteng batu yang kokoh mengingatkan saya akan sekolah sihir Hogwarts. Bener-bener keren! (Gambar di atas diambil dari sisi kiri saya berdiri)

Rumah-rumah cantik yang seperti maket ini letaknya berdekatan satu dengan yang lainnya, malah terlihat seperti tidak berarturan. Entah kenapa dibangun seperti itu, tapi hal tersebut tidak mengurangi keindahan tempat ini. Saat saya perhatikan, ternyata rumah-rumah itu bukan digunakan untuk rumah tinggal tetapi untuk perkantoran. (Gambar di atas diambil dari sisi tengah saya berdiri)

Bagian ini memperlihatkan seberapa jauh jarak antara permukaan jalan raya dengan kawasan Grund. Untuk bisa sampai "bawah" area ini sebenarnya disediakan lift yang bisa diakses dari "atas". Bagian atas sendiri letaknya sejajar dengan jalan di perkotaan tadi. (Gambar di atas diambil dari sisi kanan saya berdiri)

Kanal yang membelah daerah Grund

Pose cibi cibi dulu lah..xixixi

Selesai dengan Grund, saya ingin meneruskan perjalanan ke Grand Palace. Namun dipertengahan jalan saya bertemu lagi dengan Katedral di tengah kota Luxembourg ini. Saya pikir sayang juga sudah jauh-jauh sampai sini tapi tidak menyempatkan untuk masuk, akhirnya saya putuskan untuk mampir sebentar.

Niat hati ingin lanjut mengunjungi Grand Palace, namun apa daya waktu tidak memungkinkan. Jadwal TGV yang akan membawa saya ke daerah berikutnya sudah tinggal setengah jam lagi. Jadinya dengan berat hati saya harus buru-buru kembali ke stasiun. Namun sebelum itu tetap mengabadikan kenang-kenangan ditengah malamnya ibu kota donk! Senang sudah bersama mu, Luxembourg. Tempat paling berkelas diantara tiga negara Eropa yang sudah saya kunjungi.
Tujuan saya berikutnya adalah Lourdes, Perancis. Yup, ini dia yang saya nantikan..Perancis, tunggu aku yah!