Selasa, 13 Maret 2012

Jalan-jalan semi backpacker ke Eropa - Netherland part 1

Ini dia hari pertama dimana saya menjejakan kaki di kota Amsterdam. Setelah melalui perjalanan udara yang begitu panjang dan lama, akhirnya saya mendarat juga di Bandara Schiphol. Saya langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta bawah tanah untuk pergi ke pusat kota. Dan inilah Amsterdam Centraal Station yang menjadi tujuan pertama saya.
Begitu keluar dari gedung stasiun, hawa dingin langsung menerpa saya. Meskipun langit cerah seperti yang terlihat di gambar, namun angin yang bertiup...Wusszz...ternyata sangatlah dingin. Mulai deh rempong..pasang kupluk, sarung tangan, pake syal..Brrr!.
Dari Amsterdam Centraal Station saya langsung bergegas mengambil tram untuk pergi ke Roomervicestraat, sebuah jalan dimana tempat saya akan menginap berada. Adapun namanya adalah Quentin England Hotel. Saat pertama turun di tempat pemberhentian, saya sempat kesasar. Yah ampyunn..cape deh, geret-geret koper, nanya kanan kiri, mana sepi lagi... Tapi setelah bertanya-tanya dengan beberapa orang, berputar-putar di daerah sekitar, barulah saya berhasil menemukan hotel tersebut. Hore!! Akhirnya bisa istirahat yang enak setelah badan remuk redam dengan posisi tidur seadanya di atas pesawat. Maree tidoor..zZzz..

Bangun pagi-pagi untuk menikmati hari ke dua di Amsterdam. Beruntung saya menginap di hotel yang lokasinya dekat dengan taman kota. Taman ini bernama Vondelpark. Gambar di adalah atas salah satu pemandangan yang ada di taman itu. Keren kan?! di taman ini juga ada danaunya yang dihuni oleh bebek-bebek ijo kayak salah satu tokoh Warner Br. yang terkenal itu. Bebek-bebek tersebut jinak lho. Mereka gak takut mendekati manusia, tapi kalo bisa kita liatnya sambil bawa roti karena mereka juga ngarepin dikasih makanan sama kita, kalo tau gak da makanan? caboot..kata si ketua bebek, jadi ga bisa foto deh.
Selain danau di sekitar Vondelpark juga ada gazebo keren. Terletak di tengah-tengah taman yang fungsinya untuk pagelaran pertunjukan yang diadakan oleh penduduk sekitar. Ada juga restoran mewah dengan konsep bangunan klasik, jembatan untuk jalan pintas ke sisi lain taman dan Gereja di salah satu jalan menuju taman.

Saat saya jalan pagi sebenarnya uda gak pagi-pagi amat, namun karena winter yah langit gelap, serasa masih subuh, padahal sih udah jam setengah 8 (hihihi gayanya bilang bangun pagi), tapi gambar di atas itu udah jam setengah 9an, karena kalo dipasang yang masih gelap, gak gitu keliatan pemandangannya (sayanya juga, xixixi).
Sambil liat-liat pemandangan dan situasi sekitar taman, saya yang dari tadi uda ngeliat ada mobil pengangkut sampah lagi hilir mudik, baru ngeh kalo ternyata kendaran yang digunain itu jenis mobil yang pengoprasiannya menggunakan tenaga listrik. Pantes udaranya seger. Ga da polusinya. Yah iya lah, masa petugas kebersihan malah ngotorin lingkungan. kwak kwaaw wuaaw...kayak dimana tuh, kok seinget saya akrab banget yah pemandangan seperti itu...( sudahlah ga usah diingat, prihatin malah ).
Kegiatan lain yang bisa saya lakukan selain melihat-lihat pemandangan dan menikmati suasana adalah berolahraga pagi. Ditengah dinginnya suhu udara yang setia menemani dipagi itu, saya segera melakukan gerakan-gerakan senam ringan. Tu..wa..tu..wa.. (tua donk gue xixixi). Setengah jam berlalu dan saya mulai capek, tapi ya lumayanlah bisa berolahraga sedikit daripada tidak menggerak-gerakan tubuh sama sekali, biar sehat kan. Setelah bulir-bulir keringat yang keluarnya malu-malu (artinya dikit banget), saya bergegas balik ke hotel buat mandi-mandi, beberes untuk kemudian chek out.

Sedikit pose sebelum balik ke hotel (nyangkutdotkom), dan inilah wajah dari perempatan jalan Roomervicestraat. Lingkungannya bagus, bersih, rapih. Di pojokan jalan sering terlihat banyak sepeda dirantai/ disandarkan. Karena kebanyakan dari penduduk kota menggunakan sepeda untuk alat transportasi mereka dalam bepergian, ya ke kantor, ke sekolah, jalan-jalan dengan teman-temannya, jadinya lingkungan  mereka bersih banget. Jarang ada asap-asap hitam pekat yang mengganggu pemandangan dan pernapasan. Para pengendara sepeda ini pun juga diberikan jalur khusus untuk berkendara, jadi gak takut ke serempet angkot ato mobil yang sedang melaju (beda banget emang sama di jakarta, hadeeeh..).
Dah dah dah, balik nang hotel...

Jreng jreng... abis chek out dari hotel, saya naik tram dan tiba lagi di Amsterdam Centraal Station. Hari ini tujuan saya adalah ke Volendam, Pulau Marken dan sorenya pindah ke negara tetangga, Belgia. Sedikit cerita mengapa saya merasa perlu pergi ke Volendam adalah karena di daerah tersebut, saya dan para turis lainnya bisa berfoto dengan mengunakan pakaian Khas Belanda. Saya juga bisa ke Pulau Marken yang merupakan daerah perkampungan nelayan dan rencananya saya mau makan siang disitu, mencicipi makanan khasnya tempat tersebut.
Namun sebelum pergi ke sana, saya taruh dulu koper saya yang berat banget itu di tempat penitipan yang letaknya berada di dalam stasiun. Sistem pembayarannya hanya bisa menggunakan kartu kredit ato kartu debit, gak bisa pake uang chas. Bagi para backpacker, saya sarankan untuk menitipkan koper di tempat-tempat penitipan seperti ini, karena akan mempermudah kita dalam bepergian kemana-mana yang pastinya akan bolak-balik naik turun menggunakan transportasi publik (kalo enteng dan gak ribet dengan banyak bawaan kan akan memudahkan kita untuk bergerak, jalan dan berpindah-pindah tempat.)
Setelah naro koper di tempat penitipan, saya mulai deh nanya-nanya ke mba petugas informasi, cara ke Volendam gimana. Dan petunjuk yang saya dapatkan adalah pergi ke sisi belakang stasiun dan kamu akan menemukan bis yang akan mengantarmu ke sana. Okay d kaka, langsung aja saya cabut ke situ.

Eaaa..ini terminal bis kok kayak hanggar pesawat yah..hihihi. Kesan yang pertama saya dapat dengan stasiun ini adalah nyaman. Tempatnya bersih, luas, gak da preman, aman dah pokoknya. Dari sini juga bisa liat kapal-kapal feri yang mondar-mandir angkut orang yang mau nyebrang, entah kemana. Bis yang saya naikin bernomor 118 dengan tujuan Volendam/Edam. Berdasarkan informasi dari mba petugas informasi tadi, tiketnya bisa dibeli langsung di atas bis dengan harga 10euro, itu untuk seharian. Gak lama bis-bis pada berdatangan dan berbaris rapi nungguin penumpang. Saatnya saya naik.

Setelah perjalanan kurang lebih 45menit akhirnya...Volendam..aku datang!

Foto dululah sama oma londo...

Gambar salah satu boat dengan latar belakang bangunan-bangunan berbentuk rumah yang khas. Rumah-rumah tersebut bukan digunakan sebagai tempat tinggal, tetapi sebagai restoran, toko souvenir dan tempat-tempat yang menjual jasa pemotretan bagi turis dengan menggunakan pakaian khas Belanda yang sudah saya bicarakan tadi, namun dibagian depan ada juga yang dihuni oleh orang lokal, seperti vila gitu deh.
Ternyata banyak pejabat dan artis Indonesia yang potret disitu dan foto-fotonya di pajang di etalase toko mereka. Gak mau kalah sama pejabat n artes, saya poto juga donk..hehe.  Tanya punya tanya, ternyata dimusim winter itu gak ada boat yang bawa turis ke Pulau Marken, yaaa...Ya udahlah, daripada sedih saya cari makan siang aja di sekitar pertokoan.
Disalah satu restoran dari bangunan-bangunan diatas, saya nyobain makanan laut khasnya mereka. Cumi tepung, udang, ikan dan kerang menjadi pilihan saya...yumm yumm..saya bisa pilih sendiri seberapa banyak saya mau makan, trus nanti ditimbang sama mba nya, trus tinggal bayar deh. Enaaaakk..oiya, makanan laut itu dihidangin bersama potongan jeruk lemon segar, biar gak amis.

Udah puas jalan-jalan dan menikmati daerah Volendam, kini tiba saatnya saya balik ke statiun. Tapi aktifitas foto-foto tetep jalan terus..hehe. Salah satu hasilnya seperti yang diatas. Foto dengan deretan keju Edam yang katanya terkenal. Tapi saya sendiri gak nyobain. Rasanya mblenger aja uda dari di pesawat keju ke keju. Sarapan keju, makan burger juga pake keju. ooh mabok keju. Sekarang beneran balik ke Amsterdam Centraal Station untuk kemudian bergegas naik kereta tujuan Brussel. Belgia...wait for me..